Kamis, 14 Juni 2012

Buku IPA Kelas 4 SD/MI Materi Penggolongan Hewan



Ilmu Pengetahuan Alam

untuk
Kelas 4 SD/MI
Penggolongan Hewan

Disusun oleh
Azizatul Muta’alimah (09140022)

Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah
Universitas Islam Negeri Maulana malik Ibrahim Malang
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahhirobbil‘alamin, terima kasih yang tak terhingga serta rasa syukur, terucapkan hanya kepada Allah ‘Azza wa Jalla semata, Rabb semesta alam, Yang Maha Mencintai, Yang Maha Segalanya, Maha Pengasih dan Penyayang yang telah memberikan cinta yang tak terkira dan nikmat yang tak berujung sampai saat ini. Terimakasih dan sembah sujud kepada baginda Nabi Agung Muhammad SAW; atas segala perjuangan danamanah yang takpernahpadamhinggaakhirzaman.
Kepada semua keluargaku tercinta, Ayah dan Ibu (telapak kaki surgaku), yang menanamkan kecintaan terhadap ilmu dalam diriku dan membiarkan aku untuk terus mencarinya hingga saat ini, yang tak akan pernah bisa aku membalas jasa-jasanya. Adik-adikku tersayang, dan terimakasih juga tak lupa untuk teman-teman dari PGMI dan saudara2ku di Blue Paradise tanpa terkecuali.
Juga kepada semua yang menyayangi dan aku sayangi yang sering aku repotkan tapi selalu memberiku inspirasi, perhatian, dan saran sehingga membuat aku terus bersemangat untuk tidak pernah berhenti belajar.
Terima kasih juga kepada seluruh pihak yang telah membantu terselesaikannya buku ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, yang tidak bisa disebutkan satu persatu disini. Tentu saja juga kepada para pembaca yang telah meluangkan mata, hati dan waktu untuk membaca karya ini. Semoga buku ini  dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi siapa saja dan dengan berbagai cara. Amiin…
Dan, terimakasih kepada…
J  Dosen Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajarku, Bapak Agus Mukti Wibowo, M.Pd yang telah memberikan ilmunya, syukron jaziilan Bapak
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. (Al Mujaadilah: 11)

                                                                   -Azizatul Muta’alimah-









DAFTAR ISI
Kata pengantar…………………………………………………………...ii
Daftar Isi……………………………………………………………….....iv
Isi Buku…………………………………………………………………....v
Bab 3 Penggolongan Hewan………………………………………….....1
A.  Berbagai Jenis Makanan Hewan……………………………...….4
1.    Makanan Berupa Tumbuhan……………………………....…5
2.   Makanan Berupa Hewan…………………………………......9
B.   Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya….......10
1.    Herbivora………………………………………................….12
2.   Karnivora………………………………………............……..14
3.   Omnvora………………………………………….........……..17
Evaluasi………………………………………………………................20
Daftar Pustaka…………………………………………………..………28
Tentang Penulis………………………………………………..........….29


Isi Buku
1.    Judul bab
2.   Gambar pembuka bab
3.   Standar Kompetensi dan Tujuan pembelajaran
4.   Kata Kunci
5.   Cerita Kita
6.   Teks pengantar
7.   Peta konsep
8.   Materi pembelajaran
9.   Gambar dan ilustrasi
10.Yang Menarik
11. Waktunya Kita Berkegiatan
12.Evaluasi
13.Kamus IPA
14.Rangkuman




Text Box: EText Box: PText Box: GText Box: NText Box: GText Box: OText Box: LText Box: OText Box: NText Box: NText Box: GText Box: ABAB III











Rounded Rectangle: H
Rounded Rectangle: W
Rounded Rectangle: A


Rounded Rectangle: E





Rounded Rectangle: N


 


Rounded Rectangle: Standar Kompetensi 
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.




Rounded Rectangle: Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan dalam menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.
 



3118sayang binatang1.jpgText Box: Kata Kunci
Hewan   Jenis Makanan
Penggolongan   Herbivora 
Omnivora   Karnivora
Insektivora   Detritivora

Oval Callout: Apa saja jenis-jenis makanan hewan di sekitar kita?                 






27.jpg

Cloud Callout: Cerita    Kita... J

Flowchart: Card: Liburan sekolah telah tiba, Zidan dan Lubna adik perempuannya mengisi liburan ini dengan mengunjungi kebun binatang bersama kedua orang tuanya. Zidan juga Lubna senang sekali, disana mereka melihat berbagai macam jenis hewan. Ada hewan yang tingkahnya lucu, bulunya indah, suaranya merdu, tubuhnya besar, lehernya panjang, dan masih banyak lagi.
Ketika sampai di depan kandang monyet, Zidan memberikan pisang kepada monyet tersebut. Zidan kegirangan karena monyet itu memakan pisang yang diberikannya sampai habis. Setelah itu, mereka pergi ke kandang buaya. Lubna melempar pisang ke arah buaya tersebut. Namun, buaya tidak menghampiri pisang yang Lubna lemparkan. “Mengapa ya, buaya itu tidak mau memakan  pisangnya” tanya mereka keheranan. 
“Tentu saja Dek, kakak jadi ingat pelajaran di sekolah tentang penggolongan hewan, buaya itu tidak mau makan pisangnya karena buaya itu termasuk hewan pemakan daging” Jawab Zidan. “Benar sekali sayang, buaya itu pemakan daging dan monyet itu pemakan segala jenis makanan” tambah ibu mereka.

Text Box:
Dari cerita di atas, kita pasti sudah tahu bahwa setiap hewan memakan jenis makanan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, hewan dapat dikelompokkan berdasarkan makanannya. Agar kita dapat lebih memahaminya, ayo kita pelajari materi hewan dan jenis makanannya ini dengan baik.


 















A.    glitter_101.gifRounded Rectangle: Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah mempelajari materi pada sub bab ini, kalian diharapkan dapat mengidentifikasi berbagai jenis makanan hewan.

Berbagai Jenis Makanan Hewan



Setiap makhluk hidup memerlukan makanan untuk melanjutkan kehidupannya. Kita sering makan nasi, roti, telur, daging, sayur, buah, dan lain-lain. Itulah berbagai jenis makanan yang bisa membuat badan kita sehat.
Nah, sekarang bagaimana dengan hewan? Pernahkah kamu memerhatikan makanan mereka? Ada kucing, kelinci, ayam, burung, dan masih banyak lagi hewan lainnya.
Apa saja jenis makanannya?
Ayo kita pelajari bersama JJJ


1.   Makanan Berupa Tumbuhan
Tumbuhan merupakan salah satu dari sumber makanan yang banyak dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Hampir semua dari bagian tumbuhan dapat dimakan oleh hewan. Mulai dari daun, batang, buah, bunga, biji, bunga, sampai akarnya pun bisa dijadikan sumber makanan
a.  Daun
ulatngumpul_thumb1.jpgBagian tumbuhan yang paling umum dijadikan makanan hewan adalah daun. Pernahkah kamu melihat kambing? Jenis makanan kambing adalah rumput dan daun-daunan. Kemudian perhatikan jika kalian sedang berjalan-jalan di kebun, amatilah keadaan disana dengan lebih seksama.
Sumber: www.jepretanhape.wordpress.com
Biasanya kalian dapat menemukan hewan-hewan kecil di batang dan di daun. Benar, ulat tampak memakan daun, sedikit demi sedikit daun terkikis. Ya, karena daun menjadi makanan ulat. Selain kambing dan ulat, masih banyak hewan lain yang  makanan utamanya adalah daun. Misalnya, zarafah, kijang, zebra dan kelinci. Nah, sekarang dapatkah kamu menyebutkan contoh yang lainnya?
b.  Batang
Di daerah pedesaan, banyak sekali orang yang memelihara sapi atau kerbau. Sapi dan kerbau terkadang diambil tenaganya untuk membajak sawah, agar hewan tersebut mempunyai tenaga maka harus diberi makan. Apakah kalian tahu makanan sapi? Ya, benar salah satu jenis makanan sapi adalah batang tumbuhan padi dan jagung.
panda-2.jpgContoh hewan lain yang memakan batang adalah belalang, biasanya belalang memakan batang padi. Tumbuhan lain yang biasa dimakan batangnya adalah pohon bambu. Panda, hewan yang terkenal berasal dari negeri tirai bambu ini sangat menyukai batang bambu muda.              Sumber: www.shutterstock.com
c.   Buah
03042010040.jpgApakah kalian suka makan buah? Buah apa yang paling kalian sukai? Mungkin kalian pernah membelah buah, dan menemukan ulat didalamnya. Karena, selain memakan daun ada juga ulat yang suka  memakan buah.                     Sumber: www.tani-ternak-bencoolen.blogspot.com
Sebenarnya masih banyak lagi hewan yang memakan buah, misalnya monyet yang suka memakan pisang dan juga beberapa burung yang memakan buah pepaya.
d.  Biji
untitled-4.jpgBiji merupakan salah satu bagian tumbuhan yang disukai oleh berbagai jenis hewan. ada biji padi dan jagung yang merupakan makanan lezat burung pipit, ayam dan bebek jiga biji kenari yang menjadi incaran para tupai.
                                                                             Sumber: www.bandung-cimahi.blogspot.com
e.  Bunga
perjuangan-kupu-kupu.jpgBunga sangat menarik perhatian serangga. Kupu-kupu dan lebah sangat senang hinggap di bunga. Kira-kira apa yang dimakan kupu-kupu daari bunga itu? Apakah mahkotanya? Ternyata bukan, kupu-kupu dan lebah menghisap nektar yang ada didalam bunga. Nektar menjadi bahan dasar untuk membuat madu, nektar itu diubah menjadi madu oleh pasukan lebah didalam sarangnya.                               Sumber: www.edwien-gusmantara.blogspot.com
f.   Akar
Siswa-memberi-makan-hewan.jpgAkar juga bisa menjadi makanan bagi beberapa jenis hewan misalnya kelinci yang suka makan wortel, dan masih banyak lagi.



Sumber: www.fotohewan.blogspot.com
             Nah, sekarang kalian sudah mengetahui bahwa berbagai bagian tumbuhan dapat menjadi makanan hewan, coba sebutkan beberapa contoh hewan sekaligus dengan jenis makanannya.

2.  Makanan Berupa Hewan

Flowchart: Sequential Access Storage: Cicak-cicak didinding
Diam-diam merayap
Datang seekor nyamuk,
Haappp!!!
Lalu ditangkap
Kalian masih ingat lagu ini kan? Ya, benar lagu
“cicak-cikak didinding”
Ayo kita nyanyikan bersama J

cicak-vs-buaya.jpgSambil kita perhatikan liriknya, ada seekor hewan yang memakan hewan lainnya, coba sebutkan hewan apa itu???

Dapatkah kalian menemukan laba-laba atau cicak dipepohonan atau didinding rumah? Jika kalian temukan, amatilah gerakan hewan-hewan itu. Serangga-serangga kecil, misalnya nyamuk dan semut, merupakan makanan bagi laba-laba dan cicak.
Hewan-hewan yang bertubuh besar juga dapat menjadi makanan hewan lain. Misalnya, tikus yang dimakan kucing, kelinci menjadi makanan burung elang, dan katak dimakan ular. Bahkan dihutan, hewan-hewan besar seperti jerapah, kijang, dan kerbau dijadikan makanan yang lezat oleh harimau dan singa.

B.    Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Rounded Rectangle: Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah mempelajari materi pada sub bab ini, kalian diharapkan dapat menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya


Kamu tentu masih ingat bahwa makhluk hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa ada dua golongan besar. Salah satunya adalah golongan hewan. Ciri utama yang membedakan hewan dengan tumbuhan terletak pada cara memenuhi kebutuhan hidupnya.
Kamu juga sudah banyak mengenal berbagai jenis hewan, baik yang ada di sekitar tempat tinggalmu maupun yang jauh sekalipun. Cara yang paling mudah untuk bertemu dengan berbagai jenis hewan adalah di kebun binatang. Pernahkah kamu pergi ke kebun binatang?
Kebun yang dihuni oleh macam-macam hewan dan dipelihara secara benar disebut kebun binatang. Apabila pergi kesana kamu pasti sangat senang. Hewan-hewan di kebun binatang banyak sekali jenisnya. Mulai dari jenis hewan piaraan, hewan-hewan buas, bahkan hewan langka yang dilindungi pemerintah. Demikian pula bangsa burung yang dilindungi seperti cenderawasih, merak, kasuari, dan kakatua juga terdapat disana. Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kekayaan yang diberikan kepada bangsa Indonesia.
Setiap hewan mempunyai persamaan dan perbedaan. Berdasarkan persamaan ataupun perbedaan yang dimiliki, hewan dapat dikelompok-kelompokkan. Misalnya dikelompokkan berdasar jenis makanannya.
Coba perhatikan gambar beberapa hewan di bawah ini, kemudian sebutkan jenis makanannya.
66hewan.jpgDapatkah kalian menyebutkan jenis makanan dari gambar hewan di samping???

Sumber: www.fotohewan.blogspot.com
Berdasarkan Gambar diatas kamu pasti sudah dapat menyebutkan bahwa ada dua jenis bahan makanan hewan, yaitu tumbuhan dan bahan makanan yang berasal dari hewan lain seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya.
Nah, sekarang berdasarkan jenis makanannya, hewan dapat digolongkan menjadi tiga golongan besar, yaitu:
1.   Herbivora
Hewan pemakan rumput, daun-daunan, biji-bijian, dan buah-buahan dapat digolongkan sebagai hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Golongan hewan pemakan tumbuhan atau bagian tumbuh-tumbuhan disebut herbivora.
Text Box:  
Sumber: www.fotohewan.blogspot.com   

Contoh hewan herbivora adalah sapi, kambing, kerbau, kuda dan lain-lain. Hewan ini memakan dedaunan, buah-buahan, dan biji-bijian. Herbivora mempunyai gigi seri untuk memotong dedaunan, gigi geraham yang kuat untuk mengunyah makanan, perut yang besar, serta usus yang sangat panjang.
Cobalah kamu perhatikan susunan gigi herbivora di bawah ini!
Gigi untuk mengunyah

    Gigi untuk memotong
    dan mencabut daun

Sumber: www.fotohewan.blogspot.com
Herbivora ada yang memamah biak, misalnya sapi, kerbau, dan kambing. Cara hewan memamah biak adalah rumput dibelit dengan lidahnya, lalu digigit dengan gigi seri, kemudian ditelan masuk ke perut besar. Setelah kenyang hewan tersebut beristirahat. Pada saat istirahat, rumput yang telah ditelan dimuntahkan kembali ke dalam mulut, kemudian dikunyah sampai lumat, lalu ditelan kembali.
Sekarang dapatkah kamu menyebutkan contoh herbivora yang lainnya?
2.  Karnivora
Selain hewan pemakan tumbuh-tumbuhan, ada juga hewan pemakan daging. Golongan hewan pemakan daging atau hewan lain disebut karnivora. Karnivora meliputi bangsa buas (harimau, singa, serigala); bangsa reptil (buaya, ular, komodo, dan biawak); bangsa burung (elang); dan bangsa ikan (hiu, piranha, dan arwana).
Sumber: www.fotohewan.blogspot.com
Ada juga karnivora yang suka makan bangkai atau daging busuk, dan tidak suka pada daging segar. Hewan ini disebut hewan pemakan bangkai atau detritivora, misalnya buaya dan burung nasar atau burung kondor serta biawak. Indra pembau biawak adalah lidahnya yang bercabang untuk mencium bangkai yang menjadi makanannya.Ada juga yang khusus memakan serangga, misalnya trenggiling, landak, cicak, tokek, burung kiwi, pelatuk, dan lemur. Hewan pemakan serangga disebut insektivora.
Hewan karnivora ada yang buas dan ada yang jinak. Karnivora biasanya mencari makan dengan cara memburu mangsanya. Mereka termasuk pemburu yang aktif. Contohnya harimau, serigala, puma, singa, dan lain-lain.
Ciri khas karnivora adalah mempunyai kuku yang panjang dan runcing, indera penglihatannya tajam, rahangnya kuat, serta gigi taringnya panjang dan kuat untuk mengoyak-koyak daging hewan mangsanya. Karnivora yang hidup didarat biasanya berlari dengan sangat cepat. Biasanya golongan hewan tersebut berjalan diatas jari-jarinya sehingga tumitnya tidak menyentuh tanah.
Pada umumnya, karnivora menangkap mangsa yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya, namun ada juga karnivora lainnya seperti singa, buaya, serigala, dan ikah hiu dapat menangkap mangsa yang lebih besar dari ukuran tubuhnya.
Bagaimana dengan susunan gigi karnivora? Gambar disamping adalah susunan gigi karnivora
Gigi taring untuk mengoyak daging
Sumber: www.fotohewan.blogspot.com
Karnivora memiliki bentuk permukaan gigi geraham yang berlekuk-lekuk tajam. Karnivora memiliki gigi geraham khusus untuk mengunyah daging dengan sisi rahang ujung gigi saling bertemu seperti pisau gunting. Fungsi gigi geraham adalah untuk mengerat dan menghancurkan makanan. Gigi seri berukuran kecil dan tajam, fungsinya untuk menggigit dan memotong makanan. Gigi taring berukuran panjang, besar, dan runcing yang berfungsi untuk mengoyak mangsanya.


Text Box:
 








Sumber: www.fotohewan.blogspot.com

3. Omnivora
Disekitar kita ada hewan pemakan tumbuhan, ada hewan pemakan daging serta ada pula hewan pemakan tumbuhan dan daging. Tahukah kamu hewan musang? Hewan ini dikenal sebagai hewan pemakan ayam, tetapi juga dikenal sebagai pemangsa buah-buahan, seperti kopi. Selain itu, ada beruang. Selain makan ikan juga makan buah-buahan dan madu. Ayam dan bebek sangat suka biji-bijian. Namun, keduanya juga sering  makan cacing atau serangga kecil lainnya. Tikus sama seperti musang, ikan dan buah-buahan merupakan makanan kesukaannya.
Hewan pemakan daging dan tumbuhan (pemakan segala)disebut omnivora. Omnivora artinya pemakan segala jenis makanan. Jenis hewan ini misalnya babi, kera, musang, dan tikus. Contoh omnivora lainnya adalah burung kutilang, prenjak, itik, ayam, kalkun, nuri, betet, dan burung onta. Omnivora jenis ikan, misalnya ikan lele, mujair, tawes, dan kakap. Bagaimana dengan manusia? Manusia juga termasuk golongan omnivora, karena manusia memakan tumbuhan dan daging.
Bentuk gigi omnivora merupakan gabungan dari bentuk gigi hewan herbivora dan karnivora. Susunan gigi omnivora terdiri atas gigi seri, gigi taring dan gigi geraham. Gigi serinya untuk memotong makanan, gigi taring untuk mengerat makanan, dan gigi geraham untuk melumatkan makanan.
Bebek.jpgfancy-mousex.jpg


Sumber: www.fotohewan.blogspot.com
motivasi-belajar1_medium.jpgAyo Kita Berlatih

Coba sekarang tulis nama-nama hewan yang ada di sekitar rumahmu. Seandainya memang memungkinkan boleh juga nama-nama hewan di kebun binatang, isikan dalam bentuk tabel seperti di bawah ini. Kemudian diskusikan hasil pengamatanmu bersama-sama teman sekelas.
Tabel hasil pengamatan penggolongan hewan berdasar jenis makanannya
No
Nama Hewan
Jenis Makanan
Golongan Hewan
1



2



3



4



5



6



7



8



9



10






motivasi-belajar1_medium.jpgwaktunya Kita berkegiatan
n
1.    Buatlah kelompok antara 4 sampai 5 anak.
2.   Kumpulkanlah gambar-gambar hewan sebanyak-banyaknya bersama teman sekelompokmu! Gambar dapat diambil dari majalah, koran atau foto.
3.   Kelompokkan hewan-hewan tersebut ke dalam golongan herbivora, karnivora, dan omnivora!
4.   Tempelkan gambar-gambar hewan yang telah dikelompokkan pada kertas karton. Karton hijau untuk herbivora, karton merah untuk karnivora, dan karton biru untuk omnivora!
5.   Pasanglah hasil karya kalian tersebut didepan kelas!














motivasi-belajar1_medium.jpgEVALUASI
A. Ayo beri tanda silang (X) pada jawaban yang benar!
1.    Yang tidak termasuk jenis makanan hewan berupa tumbuhan adalah……
a.   Daun, serangga, batang
b.   Buah, akar, daun
c.    Daun, bunga, batang
d.   Akar, buah, bunga
2.   cats-1.jpgZidan memelihara seekor kucing, makanan yang sesuai untuk hewan tersebut adalah…….
a.   Daun bayam
b.   Jagung
c.    Ikan
d.   Buah
3.   Makanan hewan di bawah ini adalah…….
a.   burung-pemakan-bangkai.jpgBiji-bijian
b.   Daging
c.    Buah
d.   Sayuran
4.   Pasangan yang benar antara hewan pemangsa dengan makanannya adalah…..
a.   Kambing dan sapi
b.   Serangga dan kupu-kupu
c.    Tikus dan kucing
d.   Kerbau dan bebek
5.   padang-ilalang.jpgHewan yang memakan makanan seperti gambar disamping adalah…….
a.   Singa
b.   Harimau
c.    Kerbau
d.   Ayam
6.   Jenis hewan jenis makanan
Serangga                  Tikus

Rumput                   Harimau

Padi                        Ayam

Daging                    Kambing
Berdasarkan hubungan diatas, yang termasuk hewan omnivora adalah………
a.   Tikus dan ayam
b.   Harimau dan kambing
c.    Kambing dan tikus
d.   Harimau dan ayam
7.   Lebah mengambil ...................yang ada di tumbuhan
a.   Bunga
b.   Putik
c.    Nektar
d.   Serbuk sari
8.   Walaupun bertubuh kecil, laba-laba merupakan................ karena memangsa hewan kecil lain yang terjebak di sarangnya.
a.   Karnivora
b.   Omnivora
c.    Herbivora
d.   Ortovora
9.   Manusia termasuk kelompok...............
a.   Herbivora
b.   Omnivora
c.    Karnivora
d.   Insektivora
10. Gambar di samping ini menunjukkan susunan gigi hewan pemakan..............
a.   Daging
b.   Tumbuhan
c.    Tumbuhan dan daging
d.   Madu
B.  Isilah soal dibawah ini dengan jawaban yang benar!
1.    Apa yang dimaksud dengan hewan herbivora, karnivora dan omnivora? Jelaskan!
2.   Tulislah tiga jenis tumbuhan yang menjadi makanan kelompok herbivora!
3.   Apakah kegunaan gigi taring pada kelompok karnivora?
4.   Mengapa beruang dan monyet digolongkan kelompok omnivora?
5.   Lubna membeli wortel dan rumput untuk hewan peliharaannya. Hewan apakah yang dipelihara Lubna?







Flowchart: Alternate Process: Ayo Pasangkan
motivasi-belajar1_medium.jpg

 



















motivasi-belajar1_medium.jpgAyo Mengingat Kembali!

Jelaskan hewan serta jenis makanannya pada gambar dibawah ini.
1.    Text Box:  .........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.   Text Box:  ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.   Text Box:  ...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Kamus IPA
Herbivora : hewan pemakan tumbuhan
Karnivora : hewan pemakan daging atau hewan lain
Omnivora    :hewan pemakan tumbuhan dan hewan (pemakan segala)
Insektivora : hewan pemakan serangga
Detritivora : hewan pemakan bangkai
Gigi geraham     : gigi yang memiliki permukaan datar, tumbuh pada bagian belakang mulut, berfungsi untuk mengunyah makanan
Gigi seri     : gigi yang terletak pada bagian depan mulut berfungsi untuk memotong makanan
Gigi taring : gigi yang runcing berguna untuk mengerat atau mengoyak makanan


RANGKUMAN
1.      Jenis makanan hewan ada yang berasal dari tumbuhan ada juga yang berasal dari hewan.
2.     Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora, misalnya ulat, sapi, dan lain-lain.
3.     Hewan pemakan daging atau hewan lain disebut karnivora, misalnya singa, laba-laba dan lain-lain.
4.     Hewan pemakan tumbuhan dan daging atau hewan lain disebut omnivora, misalnya monyet, beruang dan lain-lain.











Daftar Pustaka
Tim Bina IPA, IPA Kelas 4 Sekolah Dasar, (Yudhistira, 2008)
Sri Lestari, dkk, IPA Salingtemas Kelas IV, (Klaten: Intan Pariwara, 2006)
Haryanto, Sains untuk Sekolah Dasar Kelas IV, (Jakarta: Erlangga, 2007)














Tentang Penulis
Image0114.jpg
Azizatul Muta’alimah, yang untuk lebih akrabnya panggil saja Cimut (panggilan sayang h.he...), atau bisa juga Lubna Azizah, wah banyak banget ya namaku J, aku lahir di Blitar pada hari Ahad, tepatnya 5 Agustus tahun 1990.
Pendidikan dasarku di MI Al-Ma’arif Margomulyo 01, Panggungrejo, Blitar. Kemudian berlanjut ke MTs di daerah setempat. Setelah lulus pada tahun 2006, aku meneruskan sekolah menengahku dengan sistem Boarding Schoolnya, yaitu MA Ma’arif NU Kota Blitar. Setelah tamat dari sana, pada tahun 2009, Alhamdulillah aku masuk UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. Sampai saat ini, aku sedang menyelesaikan Studi Program Strata 1 dengan jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) disini.
Buku ini adalah salah satu karyaku, karena masih dalam tahap belajar jadi maklum ya kalau masih ada kekurangan disana-sini, h.hhe.. untuk selanjutnya, kritik dan saran juga akan diterima dengan tangan terbuka. Dan bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih banyak tentang penulis dan karya-karyanya, bisa aja cari di emailku Lubnaazizah42@yahoo.com atau Lubnaazizah58@gmail.com or visit my blog Lub-na.blogspot.com
Aku tunggu deh pokoknya J


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar